SerbaPintas.com

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

cara daftar bpjs kesehatan, daftar bpjs kesehatan secara online, daftar bpjs kesehatan online, daftar bpjs gratis secara online, download kartu bpjs

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online
SerbaPintas.com - Jika kamu belum bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka segeralah mendaftar sebab kini BPJS Kesehatan sudah menyediakan layanan yang bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online. Dengan begitu, tidak hanya ringan iurannya tapi juga mudah pendaftarannya karena bisa dilakukan hanya dari rumah saja. Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai cara daftar BPJS Kesehatan secara online. 

Daftar BPJS Kesehatan Online

Tak perlu ragu dan bimbang untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, karena selain bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan iuran yang ringan, kamu juga bisa melakukan pendaftaran secara online hanya dari HP saja tanpa harus keluar rumah dan mengantri di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. 

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, kamu tak perlu khawatir untuk membayar mahal saat sakit dan berobat ataupun dirawat di rumah sakit karena BPJS Kesehatan akan memberikan perlindungan melalui sistem rujukan berjenjang di fasilitas kesehatan. Untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan pun bisa dengan mendatangi kantor cabang terdekat atau kini sudah bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN atau dengan menghubungi nomor care center BPJS Kesehatan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Apabila kamu ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara online maka bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini:

  • Download dan install terlebih dahulu Aplikasi Mobile JKN pada ponsel kamu. 
    Download Mobile JKN
  • Jika sudah, buka dan tap “Masuk/Daftar”. 
    Daftar BPJS Kesehatan Online
  • Langkah selanjutnya tap pada tombol “Daftar”.
    Registrasi BPJS Kesehatan Secara Online
  • Kemudian, baca syarat dan ketentuan yang berlaku dalam melakukan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Apabila kamu sudah memahami dan memenuhi persyaratan yang ada maka langsung saja tap kolom “Saya Setuju” dan tap “Selanjutnya”.
  • Setelah itu masukkan Nomor Kartu Keluarga, NIK, Nama Lengkap dan Tanggal Lahir kamu beserta Kode Captcha yang ada pada kolom yang tersedia dan tap “Verifikasi Data”.
    Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN
  • Pilih Faskes atau Fasilitas Kesehatan dan Faskes Gigi yang mudah kamu akses. 
  • Selanjutnya masukkan Alamat Email yang aktif lalu tap “Simpan” dan dengan begitu kamu akan mendaftar email verifikasi dari JKN
  • Buka email dari JKN lalu salin nomor verifikasi yang ada ke Mobile JKN dan kamu bisa melihat data peserta yang didaftarkan. 
  • Kamu juga akan menerima Nomor Virtual Account yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran premi BPJS Kesehatan.
  • Lakukan pembayaran premi dan setelah itu kepesertaan kamu akan diaktifkan. 

Setelah kamu berhasil daftar BPJS Kesehatan online dan sudah melakukan pembayaran, otomatis kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Keseahatan. Kepsertaan BPJS Kesehatan kamu akan langsung aktif dan kartu BPJS Kesehatan bisa kamu download pada Aplikasi Mobile JKN.

Demikianlah Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online. Kamu bisa mencetak kartu kepesertaan sendiri dengan mengunduhnya terlebih dahulu pada aplikasi Mobile JKN. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.